It’s All About News

Peresmian oleh Menteri BUMN

leave a comment »

lokasi_pabrik_tin_chemical

Lokasi Pabrik Tin Chemical milik PT Timah Tbk di Cilegon, Banten

edisi: 22/Feb/2009 wib

TIDAK ada aktifitas yang mencolok di atas lahan seluas kurang lebih 85 hektar itu. Hanya ada sebuah bangunan besar  menyerupai gudang dengan  tiga unit mobil yang terparkir rapi di depannya. Sejumlah orang mengenakan kemeja lapangan terlihat mengukur di lahan yang ada di samping bangunan tersebut.

Begitulah keadaan lokasi kawasan pabrik Tin Chemical milik PT Timah (Persero) Tbk saat didatangi wartawan Bangka Pos Group  belum lama ini.  Tidak ada aktifitas pembangunan secara fisik atas pabrik yang pembangunannya sudah ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Menteri Negara BUMN Sofyan Djalil pada 17 Januari silam itu.

Memasuki bangunan besar yang ada di sebelah lahan kosong seluas 82 hektar itu, wartawan harian ini disambut sejumlah anggota keamanan  yang menyapa dengan ramah.  Mereka beranjak  dari meja resepsionis yang membelakangi dinding bertuliskan PT Timah Industri. Petugas keamanan itu kemudian menanyakan maksud dan tujuan wartawan di lokasi tersebut. 

Sayangnya, karena pimpinan yang bertanggungjawab di pabrik Tin Chemical sedang tidak berada di tempat, wartawan harian ini tidak bisa berbincang-bincang lebih jauh seputar rencana pembangunan yang akan berlangsung. Salah seorang petugas keamanan mengatakan bahwa hanya ada beberapa staf yang kesemuanya berasal dari kantor PT Timah Tbk di Provinsi Babel.

Berdasarkan pengamatan, pembangunan pabrik Tin Chemical masih jauh dari yang direncanakan. Hal itu terlihat dari sebuah maket yang sempat dilihat di kantor sementara tersebut. Dari maket, setidaknya ada lima bangunan utama dengan ukuran yang cukup besar.  Bangunan dimana wartawan harian ini berdiri disebut akan menjadi gudang penyimpanan. Sementara sejumlah bangunan lainnya, yang belum dibangun, tertulis sebagai kantor dan gedung produksi.

Pabrik Tin Chemcal sendiri secara geografi berada di Kawasan Krakatau Industri Estate Cilegon (KIEC) I, Cilegon, Banten.  Pabrik ini tepatnya berada di Jalan Asia Raya Kav A3 dan Kav B3/1. 

Selain Pabrik Tin Chemical, terdapat juga sejumlah pabrik besar lainnya. Salah satunya adalah pabrik peleburan baja milik PT Latinusa. Perusahaan ini sempat berkedudukan di Provinsi Babel sebelum akhirnya dipindahkan ke Cilegon, Banten. Pemindahan PT Latinusa disertai dengan sejumlah besar karyawannya yang notabene adalah warga Babel.

Sementara itu mengacu pada buku yang dibagikan pada waktu peletakan batu pertama pabrik Tin Chemical, pabrik yang akan dikelola anak perusahaan PT Timah (Persero) Tbk itu akan menghasilkan sejumlah produk industry hilir. 

Setidaknya ada tiga spesifikasi produk yang akan dihasilkan yakni Bankastab MT-620 yang akan digunakan untuk industry pengemasan makanan yang memenuhi persyaratan Food and Drug Agency (FDA), Bankastab MT-760 yang digunakan untuk ekstrusi profil PVC serta Bankastab MT-790 untuk ekstrusi pada pipa PVC. (mun) 

http://cetak.bangkapos.com/etalase/read/17982.html

Iklan

Written by didit

22 Februari, 2009 pada 3:40 pm

Ditulis dalam 2008

Tagged with ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: