It’s All About News

Apa Itu Tin Chemical?

leave a comment »

edisi: 22/Feb/2009 wib

TIN Based Tin Chemical adalah stabilisator panas (heat stabilizer) yang paling baik karena sangat efektif untuk penggulungan, pembentukan dan penyuntikan bahan cetakan PVC yang mempunyai sifat keras. Bahan ini juga dipakai dalam industri plastik pengepakan makanan dan produk PVC keras lainnya. Telah digunakan secara luas untuk industri bahan bangunan plastik seperti pintu, jendela plastik, pipa air dan bahan-bahan dekorasi. Oleh karena itu, bahan ini telah mengganti stabilisator panas untuk plastik yang mengandung racun sangat tinggi seperti Lead Based Tin Chemical.

Dalam tahun-tahun terakhir ini, Tin Based Chemical sudah digunakan dalam jumlah yang sangat besar di USA, Eropa, dan Jepang. Hal ini berdasarkan komitmen industri manufaktur dunia yaitu mengurangi sampai menghilangkan produk-produk berbasis timbal dan mineral berat lainnya. Tin Based Chemical sendiri terdiri dari tiga tipe yaitu methyltin, butyltin, dan octyltin. Dua dari tipe tersebut yaitu methyltin dan octyltin diterapkan pada applikasi pengemasan yang langsung kontak terhadap makanan dan minuman. Tipe methyltin diterapkan pada aplikasi pipa PVC untuk air minum dan instalasi air bersih pada pabrik pengolahan makanan.

Proses Tin Base Chemical menghasilkan beberapa jenis produk seperti Reverse Ester dan Trioglycolate Acid Stabilizer (TGA Stab). Beberapa keuntungan penggunaan Tin Based Chemical yaitu ramah lingkungan serta aman dikonsumsi masyarakat. Produk ini juga memiliki daya tahan yang lebih baik untuk bahan konstruksi. Stabil pada kondisi temperature tinggi terutama untuk produk elektronik dan penggunaannya lebih efisien sekitar 20 persen dibandingkan produk PVC Stab yang lain. (mun)

http://cetak.bangkapos.com/etalase/read/17983.html

Written by didit

22 Februari, 2009 pada 3:44 pm

Ditulis dalam 2008

Tagged with ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: