It’s All About News

Daftar CPNS Dibuka

leave a comment »

edisi: Senin, 17 November 2008

PANGKALPINANG, BANGKA POS — Keinginan menjadi PNS terbuka lebar. Mulai Rabu (19/11), pemerintah kabupaten/kota dan provinsi di Babel memberikan kesempatan bagi warga yang memenuhi syarat untuk mendaftarkan diri seleksi CPNS 2008.

Pendaftaran CPNS di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) atau kantor kepala daerah provinsi, kabupaten/kota masing-masing. Masa pendaftaran cukup lama hingga 2 Desember 2008.

Untuk seluruh daerah di Provinsi Babel, jumlah formasi CPNS 2.647. Terdiri dari formasi untuk Pemprov Babel 222 dan sisanya 2.425 CPNS tersebar di tujuh kabupaten/kota. Formasi terbanyak untuk tenaga guru TK hingga lanjutan atas, diikuti tenaga kesehatan dan tenaga tekhnis. Sedangkan formasi terbanyak di Kabupaten Bangka Selatan sebanyak 489 diikuti Bangka Tengah berjumlah 415.

Pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota menjamin proses seleksi CPNS tahun 2008 transparan. Jika ditemukan di lapangan, segala bentuk permainan atau tindak kecurangan akan ditindak tegas.

Bahkan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Babel Syafitri kepada Bangka Pos Group, Jumat (14/11) menegaskan, pihaknya sudah menginstruksikan BKD seluruh kabupaten/kota untuk menjaga seleksi CPNS ini terhindar dari kecurangan.

“Kami akan berusaha semaksimal mungkin agar perekrutan berjalan dengan baik dan transparan. Masyarakat bisa melihat langsung dan melakukan penilaian. Jika memang ditemukan kecurangan, maka masyarakat boleh melaporkan kepada kami di BKD,” kata Syafitri.

Ia juga meminta maaf kepada masyarakat khususnya pelamar jika ada jurusan-jurusan yang tidak terakomodir. Menurut Syafitri, pemerintah provinsi dan kabupaten/kota sudah berusaha untuk menyeimbangkan formasi-formasi yang ada sesuai kebutuhan yang ada. “Kami juga minta maaf kepada seluruh masyarakat bahwa ada beberapa jurusan yang tak terakomodir dalam formasi. Kami tak bisa berbuat banyak sebab sebenarnya kami sendiri sudah berusaha menyeimbangkan formasi yang ada. Namun berhubung yang menyetujui formasi yang kami ajukan itu Menpan, maka mau tak mau kami harus mengikuti apa yang pusat rekomendasikan,” ungkapnya.

Syafitri mengimbau agar para pelamar untuk mempersiapkan kelengkapan administrasi sebelum masa penerimaan berkas dibuka. Ia juga mengajak agar pelamar untuk percaya diri dan tidak termakan omongan negatif pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Mengawasi

Sementara Ketua DPRD Babel Munir Saleh menegaskan dewan akan tetap memberikan dukungan selama kegiatan yang dijalankan pemerintah berada pada jalur yang tepat. Keinginan pemerintah untuk mewujudkan perekrutan CPNS yang transparan merupakan wujud dari good governance.

“Selain mendukung, kami pun akan tetap melakukan pengawasan terhadap proses perekrutan tersebut. Tentunya kita berharap, perekrutan ini berjalan lancar dan wujud transparansi itu memang bisa dirasakan oleh masyarakat,” ujar Munir.

Keinginan mewujudkan perekrutan CPNS yang transparan ternyata menjadi pusat perhatian masyarakat. M Kudi (26), salah satu pekerja swasta yang berdomisili di Kecamatan Pangkalbalam menegaskan, transparansi jangan hanya menjadi ‘buah bibir‘ semata. Ia menilai, perlu upaya konkrit dari seluruh stakeholder terkait dalam mewujudkannya.

“Jangan sampai ada permainan. Menjadi PNS adalah profesi berharga bagi masyarakat. Orang akan mengupayakan usaha apapun sekalipun melenceng dari kaedah hukum demi mengejar titel PNS. Hal inilah yang harus dihindari. Titipan-titipan pejabat jangan sampai terjadi sebab takut menimbulkan persepsi miring di masyarakat,” tegas Kudi. (i3)

FORMASI CPNS 2008

  • Propinsi Babel 222
  • Pangkalpinang 269
  • Bangka 342
  • Bangka Tengah 415
  • Bangka Selatan 439
  • Bangka Barat 328
  • Belitung 254
  • Belitung Timur 338

Pendaftaran : 19 November-2 Desember
Pembagian Nomor : 11-12 Desember
Ujian Tertulis : 14 Desember
Tempat Pendaftaran: Kantor BKD dan Kantor Kepala Daerah

http://www.bangkapos.com/berita/817f2db48f9b83468d1454a47d29992a/15568/baca/1/0/0/1/2008/November/17/0

Written by didit

17 November, 2008 pada 5:04 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: