It’s All About News

Bakorkamla Serahkan Kapal Patroli

leave a comment »

edisi: Senin, 17 November 2008

JAKARTA, BANGKA POS – Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla) menyerahkan satu unit kapal patroli jenis Catamaran kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bangka Belitung (Babel), Kamis (13/11) lalu. Kapal dengan nama Catamaran 1205 itu diserahkan langsung oleh Kalakhar Bakorkamla, Laksdya Budi Hardjo kepada Gubernur Babel Eko Maulana Ali.

Selain itu, Bakorkamla juga meresmikan Crisis Center yang berada di kantor Forum Komunikasi Keamanan Laut (FKKL) Babel di komplek Perkantoran Gubernur, Jalan Pulau Belitung, Pangkalpinang. Crisis Center merupakan badan yang mengawasi pergerakan kapal di laut yang bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan di perairan Babel.

Ketua FKKL Babel, Herwanto Soeroso berharap, kehadiran Catamaran 1205 bisa meningkatkan keamanan laut di Babel. “Begitu pula dengan kehadiran Crisis Center yang ada di kantor FKKL Babel,” ungkap Herwanto kepada harian ini di Hotel Bumi Karsa, Jakarta, Sabtu (15/11).

Herwanto menjelaskan, penyerahan Catamaran 1205 merupakan tindak lanjut dari penandatangan MoU antara Bakorkamla dan Pemprov Babel pada tahun lalu. Dalam MoU itu, Bakorkamla dan Pemprov Babel sepakat untuk memperkuat keamanan di perairan negeri Serumpun Sebalai.

Dilanjutkan Herwanto, Bakorkamla akan menyerahkan sejumlah kapal sejenis untuk memperkuat armada pengamanan laut di Babel. Hingga saat ini, sedikitnya 12 kapal patroli Catamaran tengah menjalani tahap penyelesaian.

“Untuk selanjutnya, pengoperasian kapal ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pemprov Babel. Apakah nanti bakal diserahkan ke Angkatan Laut, Ditpolair, atau DKP,” katanya.

Sementara itu, terkait Crisis Center, Herwanto menyebutkan dua fasilitas canggih yang dipasangkan Bakorkamla di tempat tersebut. Pertama, fasilitas yang membuat FKKL mampu berkomunikasi dengan semua kapal yang memiliki Digital Selectif Calling (DCS). Dan Regional Picture Compliation yang berfungsi memantau pergerakan semua kapal di perairan Babel.

“Dengan adanya Crisis Center ini, Bakorkamla berharap bisa semakin memperkuat keamanan lalu di wilayah barat Indonesia umumnya dan perairan Babel pada khususnya. Begitu juga dengan keberadaan kapal patroli Catamaran 1205,” tegas Herwanto. (mun)

http://www.bangkapos.com/berita/fa0e009d5e75bec9df11398c1a0a4f73/15585/baca/3/0/0/1/2008/November/17/0

Written by didit

17 November, 2008 pada 5:01 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: