It’s All About News

Halalbihalal Babel 2008

leave a comment »


Andrea dan Antasari Jadi Bintang

Edisi : Senin, 13 Oktober 2008

JAKARTA, BANGKA POS — Penulis novel Laskar Pelangi, Andrea Hirata, dan Ketua KPK Antasari Azhar menjadi bintang dalam acara Halalbihalal Masyarakat Kepulauan Bangka Belitung 2008 di ruang auditorium Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Minggu (12/10). Kedua tokoh itu dianggap telah mengharumkan nama Babel dengan perannya masingmasing. Sebuah plakat penghargaan pun diberikan kepada Andrea dan Antasari atas perannya tersebut.

Selain itu kehadiran 12 Bintang Film Laskar Pelangi, yang adalah asli anakanak Belitung, menarik perhatian para hadirin yang menghadiri acara halalbihalal. Mereka yang merupakan masyarakat Babel di Jakarta berebutan ingin berfoto bersama Ikal Cs. Mulai dari anak kecil hingga orang tua memanfaatkan kamera pocket dan kamera ponsel untuk mengabadikan moment tersebut.

Halalbihalal Masyarakat Babel 2008 turut dihadiri Wakil Gubernur Syamsudin Basari dan istri. Ibu Gubernur Babel, Ny Noerhari Astuti Eko Maulana Ali juga tampak mewakili Gubernur yang tidak bisa hadiri karena membuka acara Sail Indonesia 2008 di Pulau Belitung, Babel. Hadir pula jajaran petinggi Pemerintah Propinsi Babel.

Di jajaran Bupati, tampak Bupati Bangka Yusroni Yazid, Bupati Bangka Barat Parhan Ali, dan Wakil Bupati Bangka Selatan Jamro H Jalil. Selain itu hadir juga Anggota DPR RI asal Babel Azhar Romli, anggota DPD Fajar Fairi, sederet Artis Indonesia asal Babel dan ratusan masyarakat Bumi Serumpun Sebalai.

Sebelum memberikan sambutan, Wakil Gubernur Syamsudin Basari menyampaikan permintaan gubernur yang tidak bisa hadir. Berkenaan dengan halalbihalal, Syamsudin tidak lupa mengucapkan selamat Idul Fitri 1429 H. “Kepada masyarakat Babel yang tidak bisa merayakan hari raya Idul Fitri di kampung halaman, saya harapkan agar jangan bersedih. Karena hari raya di mana pun sama saja. Kita sebagai umat Islam pada dasarnya adalah masih bersaudara dan jangan sampai memutuskan silahturahmi,” ungkap Syamsudin.

Tidak ketinggalan, Syamsudin mengajak seluruh masyarakat Babel untuk bersamasama menyukseskan program Babel Archipelago 2010 dengan semangat Babel Bergema. “Sesuai dengan singkatan Bergema, mari kita bergerak maju bersama,” tegasnya.

Sementara itu, sebelum menyerahkan plakat penghargaan kepada Andrea Hirata dan Antasari Azhar, Isnaidi mengatakan kalau kedua tokoh ini telah mengharumkan nama Babel di kancah nasional. Antasari dengan perannya memberantas korupsi, sedangkan Andrea lewat Laskar Pelanginya memberikan pengaruh yang besar untuk dunia pendidikan di Indonesia. “Sayang Andrea tidak bisa menerima langsung plakat ini karena sedang berada di Swiss. Dia di sana untuk acara diskusi tentang Film Laskar Pelangi,” kata Isnaidi.

Plakat penghargaan yang diberikan oleh masyarakat Babel di Jakarta dan sekitarnya itu kemudian diterima perwakilan masingmasing. Untuk Andrea, plakat diserahkan kepada Zulfany, yang berperan sebagai Ikal dalam film Laskar Pelangi. Sedangkan untuk Antasari diterima Djunaidi.

Serbu Makanan Khas

Halalbihalal Masyarakat Babel 2008 tidak sekedar dalam rangka mempererat silahturahmi berkenaan dengan hari raya Idul Fitri. Acara ini juga sebagai pengobat rindu masyarakat Babel di perantauan akan makanan khas Babel.

Buktinya, saat stand makanan Babel dibuka, ratusan masyarakat langsung datang menyerbu. Makanan yang tersedia, seperti Empekempek Chai Bangka Selatan, Mie Rebus Belitung, Begero Belitung Timur, Mie Koba, kue tumpek selong dan kue sarang malu, pun ludes dalam sekejap. Belum lagi otakotak yang sudah cukup dikenal baik di dalam maupun luar Babel.

Sebagai hiburan, penyanyi Andre Hehanusa hadir di atas panggung di ruang auditorium. Andre sempat berduet dengan Ny Noerhari Astuti yang mengaku sangat senang bisa bertemu dengan penyanyi asal Ambon itu. Acara halalbihalal diakhiri dengan saling bersalaman antara Ny Noerhari Astuti, jajaran pejabat, dan para hadirin lainnya. (mun)

Sumber : Harian Pagi Bangka Pos (www.bangkapos.com)

Written by didit

13 Oktober, 2008 pada 12:36 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: