It’s All About News

Mahasiswa Mudik Gratis Naik Pesawat

leave a comment »

* Malam Ini, Warga Bangka Berlayar

Edisi : Jumat, 26 September 2008

JAKARTA, BANGKA POS — Sekitar 860 warga Bangka yang akan mudik bareng dari Jawa lega setelah ada kepastian armada mudik. Untuk masyarakat umum diberangkatkan menggunakan KM Bukit Raya, Jumat (25/9) malam ini, sedangkan khusus mahasiswa naik pesawat keesokan harinya.

Ketua ISBA Jaya Rio Abadi Putra membenarkan sudah adanya kepastian tentang Mudik Bareng ISBA 2008. Rombongan mudik pertama akan diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu sekitar pukul 20.00 WIB. Rombongan pertama ini masyarakat umum yang telah mendaftar.
“Untuk tiket sudah bisa diambil di sekretariat ISBA Jaya, Jalan Agung Raya 1 No 36 RT 03/004 Telpon (021) 7815346,” kata Rio saat menghubungi Bangka Pos Group, Kamis (25/9) siang.
Saat menelepon harian ini, Rio bersama beberapa rekannya tengah berada di Pelabuhan Tanjung Priok, untuk mencetak tiket kapal Pelni yang akan digunakan dalam pelayaran malam ini. Kata Rio, setidaknya ada 320 tiket yang telah disiapkan. “Jumlah ini sesuai dengan data yang pada kita,” ujarnya.
Rombongan kedua para mahasiswa, akan diberangkatkan Sabtu dan Minggu (2728/9). Mereka akan diangkut enam pesawat udara menuju Bandara Depati Amir Bangka.
“Untuk jam keberangkatannya, kita hanya diinformasikan bahwa kita akan terbang malam hari,” tegas Rio didampingi wakilnya, Alex.
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Babel M Ilyas belum bisa memberikan kepastian maskapai mana dan jenis pesawat apa yang akan digunakan oleh pemudik mahasiswa nantinya. Namun ia mengatakan pesawat tersebut berstatus carter dengan pembiayaan yang diusahakan oleh IKA ISBA di Jakarta.
“Pemerintah provinsi (Pemprov Babel — red) tidak mengeluarkan dana sedikit pun. Kapal laut dan pesawat merupakan hasil kerjasama IKA ISBA dengan para sponsor. Kemungkinan rombongan pemudik akan dibagi dua, rombongan satu naik pesawat, rombongan lain menggunakan kapal Pelni. Kami dari Dinas Perhubungan sudah menyiapkan persiapan menyambut kedatangan mereka nanti. Untuk tiket, semua gratis,” kata Ilyas saat dikonfirmasi, kemarin.
Ia menambahkan, Gubernur Babel Eko Maulana Ali direncanakan akan mengantar keberangkatan para pemudik dari Jakarta. Pihak Pemprov dan ISBA masih terus berkoordinasi perkembangan terakhir di lapangan.
“Saya juga sempat baca di surat kabar bahwa yang melepas rombongan nanti katanya Pak Hatta Radjasa. Selain itu, kemungkinan Pak Gub akan mengantar. Dua rombongan ini akan tetap kita dampingi, sebab ada beberapa petugas dari beberapa dinas mulai dari Dispora hingga Dinas Sosial yang akan mengawasi dan mengontrol para pemudik,” tuturnya.
Ilyas menambahkan, pihak Bandara Depati Amir dan Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu akan beroperasi ekstra hingga tengah malam guna melayani pemudik ini. Sebab, mudik rombongan menggunakan pesawat direncanakan akan selesai hingga tengah malam.
“Rapat kemarin sebenarnya tidak lama. Tapi kan kontekkontekan dengan pihak ISBA di Jakarta atau pegawai kita yang di sana tetap kita lakukan bahkan sampai malam hari,” ujar Ilyas.

Mudik Tenang

Anggota DPRD Babel Zulkarnaen Syamsudin mengimbau agar para mahasiswa mudik dengan tenang. Petugas atau panitia yang mendampingi diharapkan mengawasi para pemudik agar terhindari dari hal tidak diinginkan.
“Biar selamat sampai tujuan, maka ikuti aturan, ikuti prosedur agar semua dapat samasama menikmati mudik ini. Apalagi mendekati lebaran ini, terkadang kondisi di titiktitik transportasi sangat ramai,” kata Zulkarnaen.
Terpisah, Lakhar General Manager Pelindo II Pangkalpinang Bedjo Waluyo menyatakan pihaknya siap membantu kelancaran mudik bareng masyarakat dan warga Bangka.

“Pelindo menyiapkan fasilitas pelabuhan. Kami sudah mengirim tenaga ke Belinyu untuk memandu sandar kapalnya,” kata Bedjo. (mun/i3/j2)

Sumber : Harian pagi Bangka Pos

Written by didit

26 September, 2008 pada 1:08 pm

Ditulis dalam IK Isba, Isba jaya, mudik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: