It’s All About News

PBB Bisa Ikut Pemilu

leave a comment »

JAKARTA, BANGKA POS — Setelah menyita waktu cukup lama, akhirnya Rancangan UndangUndang (RUU) Pemilu 2009 disahkan menjadi UU dalam rapat paripurna di DPR RI, Senin (3/3). Ketua DPP Partai Bulan Bintang (PBB) Yusron Ihza Mahendra menyambut bahagia pengesahan itu, karena salah satu ketentuan dalam UU tersebut membuat PBB bisa ikut dalam Pemilu 2009 mendatang.

“Dalam UU Pemilu yang baru, semua partai yang memiliki kursi di DPR, bisa ikut Pemilu 2009. Dengan begitu, otomatis PBB bisa ikut dalam Pemilu nanti,” ungkap Yusron saat menghubungi Bangka Pos Group di Jakarta, Senin (3/3). Keputusan penting lainnya dari pengesahan RUU Pemilu 2009 yaitu pembagian jatah kursi keterwakilan masing-masing provinsi di DPR RI, dimana Babel tetap mendapat tiga kursi seperti Pemilu 2004.
Meski terkesan memudahkan, Yusron mengatakan partaipartai yang ikut dalam pemilu harus berjuang keras meraih perolehan suara. Sebab, UU Pemilu yang baru mewajibkan setiap partai, termasuk PBB, memperoleh suara secara nasional minimal sebesar 2,5 persen. Kalau kurang dari jumlah itu maka partai tersebut tidak bisa menempatkan wakilnya di DPR RI.

“Kalau perolehan suaranya tidak sampai segitu, calon-calon yang diusung untuk duduk di DPR tidak bisa dilantik. Jadi percuma saja. Perolehan suara itu adalah perolehan suara secara nasional
dalam Pemilu nanti,” ujarnya.

Yusron mengatakan ketentuan dalam perolehan suara cukup menantang PBB dan partaipartai lainnya untuk berjuang lebih keras. Jika pada pemilu lalu partai dengan lambang bulan dan bintang ini memperoleh suara sebanyak 2,9 juta, jumlah itu akan lebih ditingkatkan dalam pemilu mendatang.

Beberapa langkah disiapkan PBB untuk meningkatkan perolehan suaranya. Yusron menyebutkan salah satu langkah yang bakal ditempuh adalah dengan melebarkan sayap ke daerah-daerah padat seperti Jawa, Palembang, Kalbar, dan lain sebagainya. Selama ini
PBB memiliki suara yang cukup terfokus di beberapa daerah saja.

“Selain itu, kita juga akan berusaha menarik suara dengan mengusung tokohtokoh dengan karakter yang kuat. Tokoh-tokoh itu dirasakan perlu untuk mencuri suara di daerah-daerah padat yang menjadi target PBB,” kata politisi yang saat ini masih menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi I DPR RI itu.

Ditambahkan Yusron, salah satu tokoh yang bakal diusung PBB dalam pemilu mendatang adalah kakak kandungnya sendiri, Yusril Ihza Mahendra. Menurutnya, pemilu 2009 bisa menjadi ajang pemanasan bagi Yusril yang berencana mencalonkan diri sebagai Presiden RI. Sukses di pemilu bisa menghasilkan gambaran di pertarungan merebut kursi orang nomor satu di Indonesia. (Persda Network/mun)

http://www.bangkapos.com/berita/774edb8b6c319f51be417445c1b9d0b0/6643/baca/4/0/0/
1/2008/Maret/05/0

Written by didit

3 Maret, 2008 pada 11:45 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: