It’s All About News

Rangkui Sebagai Tolok Ukur

leave a comment »

BERBICARA tentang keberhasilan gerakan penghijauan di Babel, Sekretaris Yayasan Babel Hijau M Wirtsa Firdaus berpendapat bahwa sungai Rangkui dapat dijadikan tolok ukur. Sungai yang mengalir di kota Pangkalpinang itu bisa menjadi acuan apakah lingkungan Babel telah berhasil diperbaiki dari kerusakan akibat aktivitas penambangan.

“Kalau air sungai yang keruh bisa berangsur-angsur jernih seperti dulu maka dapat dikatakan penghijauan itu berhasil. Tapi kalau tetap sama seperti sekarang ini, dimana terlihat keruh seperti kubangan, maka penghijauan belum berhasil,” ujar Wirtsa yang mengaku memiliki kenangan manis ketika bisa berenang, menangkap ikan, dan bermain-main di sungai rangkui dengan airnya yang jernih.

Wirtsa mengatakan kerusakan lingkungan akibat penambangan tidak akan bisa diperbaiki dengan kembali utuh seperti sebelum ditambang. Meski demikian, perbaikan lingkungan bisa dilakukan sedemikian rupa sehingga mampu menjernihkan sungai rangkui seperti dahulu sebelum penambangan marak terjadi di Babel.

“Saya sendiri yakin dan bertekad kalau upaya penghijauan itu bisa berhasil. Satu hal yang membuat saya mau terus berusaha yaitu apa yang telah dilakukan Chiko Mendez, penggerak lingkungan asal Brasil. Dengan kegigihannya, pria yang sehari-harinya sebagai petani karet itu berhasil mempertahankan keasrian hutan di Brasil,” pungkas Wirtsa yang berupaya melakukan penghijauan lewat yayasan yang diikutinya. (mun)

Sumber :
http://www.bangkapos.com/berita/8d53e845f0730c24e9906119637f4686/5915/baca/14/0/
0/1/2008/Februari/18/0

Written by didit

18 Februari, 2008 pada 1:38 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: