It’s All About News

Bentrok Oknum TNI-Polri Diredam, 13 Orang Ditahan

leave a comment »

* Delapan Anggota Polres, Lima Anggota Batalyon
* Situasi Manggar Kondusif

MANGGAR, POS BELITUNG — Para pimpinan satuan TNI dan Polri yang anggotanya terlibat pertikaian di Manggar hari Minggu (3/2) dini hari lalu membuktikan janjinya. Oknum-oknum yang dinilai memiliki keterlibatan dalam perkelahian tersebut menjalani pemeriksaan dan proses hukum di kesatuan masing-masing.

Sementara itu, sejak hari Minggu (3/2) pagi hingga Senin (4/2) kemarin situasi kota Manggar sudah pulih seperti sediakala. Bentrokan antara oknum anggota Polres Beltim dan oknum anggota Batalyon Infanteri 147 PP di tempat hiburan Puri Indah Manggar dan perusakan Pos Polisi di daerah Pasar Manggar tinggal menyisakan cerita yang menjadi bahan perbincangan masyarakat.

“Itu hanya kesalahpahaman kecil saja dan itu masih dipengaruhi jiwa anak muda sehingga saat bersinggungan sedikit, terjadi bentrok. Namun masalahnya sudah diselesaikan dengan pertemuan kapolres, dandim dan danki yonif,” kata Kapolda Babel Brigjen Imam Sudjarwo dikonfirmasi Bangka Pos Group, Senin (4/2), di Polda Babel di Pangkalpinang.

Menurut kapolda, anggota yonif sudah diserahkan ke Pos Pom TNI AD di Belitung. Sedangkan anggota polisi diperiksa oleh unit P3D Polres Belitung Timur. “Kalau ada anggota kita yang salah akan kita tindak,” ungkap Kapolda.

Kapolda juga menyatakan telah berkoordinasi dengan Panglima Kodam II Sriwijaya dan Komandan Korem 044 Garuda Dempo terkait bentrokan ini. “Masalah sudah selesai, dan sudah kita redam supaya tidak berkembang. Sehingga ke depan tidak ada lagi terjadi bentrok TNI-Polri,” jelasnya.

Anggota Pos Polisi Militer (Pos Pom) TNI AD Belitung mulai Minggu (3/2) melakukan penahanan dan menyidik lima orang oknum anggota Batalyon 147 PP yang dinilai terlibat dalam bentrok dengan oknum anggota Polres Beltim. Polisi militer juga sudah meminta keterangan tiga orang warga sipil sebagai saksi kasus ini.

Memasuki hari Senin (4/2), polisi militer mengadakan pemeriksaan internal kesatuan untuk memastikan ada tidaknya anggota lain yang berbuat tidak disiplin.

“Saya bersama anggota pos pom dibantu beberapa anggota Sub Denpom AD Bangka sudah berangkat ke Manggar dan memastikan bahwa tidak ada lagi anggota batalyon yang terlibat dalam masalah tersebut. Saat ini suasana sudah lebih nyaman dan semoga peristiwa semacam ini tidak terjadi lagi,” kata Komandan Pos POM AD Belitung Letda (CPM) Juwanda.

Juwanda mengatakan, lima orang oknum anggota TNI AD yang diduga terlibat dalam peristiwa tersebut sedang disidik sesuai prosedur hukum dan aturan yang berlaku.

Pantauan Grup Bangka Pos dari ruangan pemeriksa Pos POM AD Belitung kemarin, beberapa anggota Batalyon Infanteri 147 PP menjalani pemeriksaan intensif sembari dibuatkan berita acara pemeriksaannya. Selain anggota Pos POM AD Belitung yang bertugas memeriksa, di markas ini juga tampak hadir anggota Polisi Militer Sub Denpom Bangka.

Sementara itu, Unit P3D Polres Beltim hingga Senin (4/2) masih terus melakukan pemeriksaan terhadap delapan orang oknum anggota Polres Beltim yang diduga terlibat kasus bentrokan dengan oknum anggota Batalyon Infanteri 147 PP. Di samping menjalani proses hukum sesuai prosedur Polri, delapan oknum ini juga menjalani penahanan di mapolres.

Di ruang unit P3D Polres Beltim, Senin (4/2) pagi, Grup Bangka Pos sempat memantau anggota P3D tengah meminta keterangan seorang oknum anggota polres yang diduga terlibat kasus perkelahian Minggu dini hari.

“Kasus ini masih terus kita tindaklanjuti dan prosesnya sedang berjalan. Delapan orang oknum anggota yang diduga terlibat sudah kita tahan dalam menjalani proses hukum ini. Langkah yang kita lakukan untuk penanganan tindak disiplin bagi oknum anggota yang diduga terlibat, dengan tetap mengacu kepada prosedur sesuai atuaran yang berlaku tentang kedisiplinan anggota Polri,” ungkap Kapolres Beltim AKBP Rudy Tranggono SSt MK yang ketika dihubungi melalui telepon tengah berada di Tanjungpandan, mengikuti rapat pertemuan lingkungan Polda Bangka Belitung, Senin (4/2) sore. (bev/gus/rya)

Sumber : http://www.bangkapos.com/posbelitung/a5bb1082d496eb7613170eacae40aea8/5371/baca/1/
0/0/2/2008/Februari/05/0

Iklan

Written by didit

5 Februari, 2008 pada 5:42 pm

Ditulis dalam beltim, bentrok, Polri, TNI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: