It’s All About News

6 Tahun Kuliah, Rektor Unmuh Malang jadi Doktor

leave a comment »

SURABAYA — Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Muhajir Effendy MAP akhirnya bertitel doktor setelah belajar enam tahun di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Kamis (24/1).

Ini menggenapi kebahagiaannya karena sepekan lalu, Kamis (17/1), Muhajir terpilih lagi sebagai Rektor UMM periode 2008-2012. Pria asal Madiun yang berani menulis artikel ‘Jadi Soehartois, Siapa Takut?’ ketika Reformasi Mei 1998 baru saja bergulir itu tercatat sebagai doktor ke-1023 di Unair. Sedangkan di bidang ilmu sosial politik, ia doktor ke-100 di Unair.

Muhajir bikin disertasi berjudul Pemahaman tentang Profesionalisme Militer di Tingkat Elit TNI AD (Studi Fenomenologi pada Perwira Menengah TNI AD di daerah Garnizun Malang). Tim penguji yang diketuai Prof Soetandjo Wignjosoebroto kasih predikat sangat memuaskan untuk disertasi itu.

“Riset untuk disertasi ini saya lakukan selama empat tahun,” kata Muhajir usai ujian di Gedung Program Pascasarjana Unair. Promotor disertasinya adalah Prof Dr Hotman Siahaan, sedangkan co promotornya Kusnanto Anggoro.

Muhajir mengakui, proses belajarnya sampai enam tahun karena untuk masuk ke jaringan perwira militer menengah meski selevel Malang tidaklah mudah. Sebetulnya ada 34 perwira menengah di Malang tapi Muhajir hanya mengambil tujuh orang sebagai sampel penelitian.

“Mereka pucuk pimpinan di unit kerjanya masing-masing, ” katanya.

Soal hasil disertasinya, Muhajir menyebutkan, elit militer di Malang memahami konsep tentara profesional bukan jati diri TNI yang otentik. Bagi mereka, jati diri TNI adalah tentara rakyat atau tentara pejuang atau tentara nasional saja. “Jadi, istilah tentara profesional itu lebih dipahami sebagai ciri umum di setiap negara,” ujarnya. (suryalive.com/Mujib Anwar)

Iklan

Written by didit

24 Januari, 2008 pada 6:20 pm

Ditulis dalam Disertasi, pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: