It’s All About News

Laporan Akhir Tahun 2007, Prediksi Ki Joko Bodo (3-Habis)

leave a comment »

* Rakyat Kecil Makin Sulit

AHLI spiritual Ki Joko Bodo memprediksikan, tahun 2008 akan diwarnai berbagai macam persoalan di bidang ekonomi. Perekonomian Indonesia bakal babak belur dan berimplikasi kepada rakyat kecil. Bagaimana dengan bencana alam, fenomena kawin-cerai di kalangan artis dan dunia perpolitikan di negeri ini? Berikut wawancara wartawan Bangka Pos, Muhammad Ismunadi dengan Ki Joko Bodo.

EKONOMI

Tahun 2008, khususnya saya lebih menitikberatkan kepada masalah atau situasi ekonomi di negeri ini. Harga-harga akan melambung, terutama harga-harga kebutuhan pokok. Penyebabnya, bisa jadi pemerintah akan menaikkan harga bensin. Kenaikan ini akan diikuti kenaikan harga-harga lain. Sementara daya beli masyarakat menurun. Selain itu penyebab utamanya adalah faktor kegagalan pemerintah dalam mengatur sistem ekonomi di negeri ini, termasuk terkait dengan masalah politik. Akibatnya nanti, angka kriminalitas akan meningkat.

POLITIK

Peta perpolitikan di era 2008, kalau menurut saya akan muncul tokoh-tokoh baru. Meskipun tokoh-tokoh lama ingin bangkit kembali dengan melakukan propaganda demi bangsa, demi negara dan demi agama. Tapi kenyataannya adalah demi perut sendiri. Banyak tokoh-tokoh baru yang lahir dari kalangan kuda hitam. Tokoh muda itu umurnya sekitar 35 tahun ke atas.

Tetapi dia tidak tampil untuk menjadi presiden. Tandatandanya belum ada. Ia tampil di pemerintahan. Termasuk juga ada beberapa tokoh muda yang muncul dari Golkar dan PDIP. Dari kelompok-kelompok Islam juga akan muncul calon pemimpin baru.

Kalau soal politik saya kira perlu propanganda yang antagonis dan protagonis. Bisa saja antara SBY-JK itu saling dukung tapi harus tampil seperi antagonis. Bisa saja Pak SBY mendukung kekuasaan sekarang, dan dia harus memerankan antagonis. Sebenarnya sikap yang dilakukan itu adalah sikap protagonis.

BENCANA ALAM

Kalau bencana alam, saya tidak melihat seperti peristiwaperistiwa yang terjadi di tahun 2007. Bencana alam akan menurun. Cuma memang masih ada bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan kebakaran. Hal itu masih terjadi di beberapa kota. Benarkah akan ada gunung meletus? Gunung meletus tidak ada. Cuma, saya melihat ada gelombang laut yang cukup tinggi.

Hal ini akan sangat mempengaruhi perekonomian para nelayan. Akan terjadi tsunami? Tidak. Saya memprediksi bencana akan berkurang untuk tahun 2008. Bahkan, hampir tidak ada kecelakaan besar. Begitu juga kecelakaan yang merenggut nyawa artis, saya kira tidak ada.

DUNIA ARTIS

Kalau soal selebritis, saya kira masih ada artis yang terkena kasus kawin-cerai. Kemudian ada yang terlibat narkotika. Untuk narkoba, saya melihat ada nama baru. Dia berasal dari kelompok band dan berinisial K atau F. Bahkan, ada juga artis yang tersandung utang-piutang. Sedangkan film horor juga masih tetap laris di pasaran. (*)

Written by didit

29 Desember, 2007 pada 12:17 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: