It’s All About News

Siapakah HR Thamsir Rachman?

leave a comment »

Laporan Wartawan Bangka Pos, M Ismunadi

BUPATI Indragiri Hulu memiliki nama lengkap Drs. H. Raja Thamsir Rachman, MM. Dia terlahir sebagai putra seorang pamong (camat) Raja Abdul Rachman di Rengat, Indragiri Hulu, Provinsi Riau, tanggal 01 Januari 1950. Beliau adalah alumni Sekolah Pamong, APDN Pekanbaru pada 1975 dan lulusan Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) pada tahun 1985. Mendapat gelar Doctor Honoris Causa (HC) Philosophy And Management Western, dari University of Manila pada tahun 2000.

Beliau juga mendapat gelar Master Manajemen konsentrasi manajemen sumber daya manusia (MSDM) dari Universitas Surapati di Jakarta. Lulus dengan predikat cumlaude pada tahun 2004. Selain itu, sekarang ini ia tengah mengambil studi untuk program Doktoral pada Universitas Borobudur Jakarta. Sejumlah diklat dan seminar di dalam maupun luar negeri pernah diikutinya seperti Diklatpim tingkat I dan Lemhanas.

Mengawali karir sebagai Kepala Urusan Bangdes Kecamatan Dumai (1976-1978), beliau juga tercatat pernah menjabat sebagai Camat di enam wilayah yang berbeda hampir di seluruh kabupaten yang ada di propinsi Riau dari tahun 1979 s/d tahun 1993. Sebelum akhirnya menjabat sebagai Ketua Bappeda Kabupaten Kepulaun Riau yang dilanjutkan sebagai Kepala Biro Bina Pemerintahan Desa Propinsi Riau.

Pada tahun 1999, beliau terpilih sebagai Bupati Indragiri Hulu sampai tahun 2004. Di tahun berikutnya ia kembali dipercaya oleh masyarakat sebagai Bupati Indragiri Hulu untuk keduakalinya melalui Pilkada langsung yang pertama kali dilaksanakan di Sumatera.

Beliau juga memiliki pengalaman organisasi yang cukup luas yang antara lain saat ini tercatat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Propinsi Riau. Tidak sedikit pula penghargaan dari berbagai pihak baik dalam maupun luar negeri yang diterimanya.

Pamong senior yang pernah menjadi komandan upacara pengukuhan Pamong Praja Muda tahun 2003 yang bergelar Raja Muda Kesultanan Indragiri ini memiliki satu orang istri, yang bernama Hj. Mastiati Sriningsih, serta empat orang anak. (*)

Written by didit

16 Desember, 2007 pada 12:33 am

Ditulis dalam 2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: