It’s All About News

Kompetisi Yang Fair

leave a comment »

Laporan Wartawan Bangka Pos, M Ismunadi

ENAM finalis Asian Idol 2007 sepakat bahwa pemilihan Idol Asia pertama merupakan kompetisi yang paling fair atau adil. Anggapan itu khususnya mengenai voting SMS yang akan akan dimulai seiring penayangan acara tersebut di enam stasiun TV di enam negara pada Sabtu (15/12).

“Kompetisi ini fair karena dalam voting SMS, kita harus mencantumkan dua pilihan. Contohnya pemirsa memberikan dukungannya kepada Mike dengan Mau, atau saya dengan Hady, atau yang lainnya,” ungkap Jaclyn Victor, finalis asal Malaysia, saat menghadiri konperensi pers usai tampil di Grandfinal Asian Idol 2007 di Hall D2 PRJ Kemayoran, Rabu (12/12) malam.

Dalam voting Asian Idol 2007, setiap pemilih di tiap-tiap negara diwajibkan untuk memilih dua negara pada setiap SMS yang dikirimkan. Pemilih tidak diperbolehkan untuk memilih dua idol yang sama karena hasilnya tidak akan akurat.

Untuk bisa mengirimkan SMS, para pemilih juga diberikan kode terkait idol yang bakal didukungnya. Masing-masing Idol akan menggunakan nama negaranya yang diubah menjadi kode voting. SMS juga dapat dikirim ke nomor-nomor yang telah disiakan masing-masing negara.

“Contohnya untuk pemilih dari Indonesia bisa mendukung Idol dari Indonesia dan Malaysia dengan mengetik SMS ‘INDOMAL’ kirim ke 9288,” kata host Asian Idol 2007, Atta, di sela-sela Grandfinal Asian Idol 2007 di Hall D2 PRJ Kemayoran, Rabu (12/12).

Sedikit tentang kode voting masing-masing negara yaitu Indonesia diubah menjadi INDO, Malaysia berubah menjadi MAL, Vietnam menjadi VIET, Filipina menjadi PHIL, dan Singapura menjadi SIN. Sedangkan India tetap tidak berubah yaitu INDIA.

Disamping itu, nomor-nomor SMS, yang menjadi tujuan pengiriman di setiap negara antara lain India dengan nomor 52525, Indonesia 9288, Malaysia 33776, Filipina 2959, Singapura 43657 dan Vietnam 4365. (*)

Iklan

Written by didit

13 Desember, 2007 pada 5:06 pm

Ditulis dalam 2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: