It’s All About News

Astro Gelontorkan Beasiswa Senilai Rp 13,5 M

leave a comment »


DENPASAR — Astro dan Usaha Tegas Group yang bekerjasama dengan Sampoerna Foundation (SF) secara resmi memulai program beasiswa yang direncanakan mencakup 885 siswa dan mahasiswa. Program beasiswa senilai Rp 13,5 miliar itu diawali dengan pemberian bantuan biaya kuliah dan biaya hidup kepada 70 siswa dan mahasiswa di Denpasar, Bali, Sabtu (17/11) lalu.

Executive Director Astro Entertainment Zainir Aminullah mengatakan program beasiswa Astro Asih akan disalurkan secara bertahap pada lima angkatan dengan perincian total terdiri dari 725 siswa dan 160 mahasiswa S1. Program ini merupakan langkah awal dari Astro dalam menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR) di Indonesia.

“Astro juga berjanji untuk memberikan beasiswa pada 5000 siswa dalam tiga tahun mendatang dan 10.000 siswa dari seluruh Indonesia dalam 10 tahun mendatang. Sehingga para siswa dan mahasiswa S1 maupun S2 dapat memperoleh akses guna menyalurkan potensi yang dimilikinya,” ungkap Zainir dalam siaran pers yang diterima Persda, Senin (19/11).

Zainir menyebutkan beasiswa untuk angkatan pertama, dalam program beasiswa Astro Asih, diberikan kepada 50 siswa SMA dari Kabupaten Buleleng, Bangli, Karangasem, dan Klungkung. Selain itu, 20 mahasiswa S1 asal Bali juga mendapat bantuan yang terdiri dari biaya kuliah dan biaya hidup. Para mahasiswa itu adalah mereka yang tengah menjalani kuliah di sejumlah perguruan tinggi di Indonesia seperti di Universitas Udayana, Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, dan beberapa universitas lainnya.

Mengapa siswa dan mahasiswa asal Bali? Zainir menjelaskan menurut data dari BPS mengenai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) 2004-2005, Bali adalah daerah yang tingkat indeks pembangunannya cukup bagus dengan menempati peringkat ke-15 di Indonesia. Namun, dibalik itu, tingkat kemampuan masyarakatnya untuk menyelesaikan pendidikan tinggi tergolong masih rendah.

Sementara itu, Chief Operating Officer SF Elan Merdy menambahkan para penerima beasiswa tidak hanya harus pintar. Mereka juga harus memiliki kepedulian sosial yang tinggi sehingga nantinya bisa menjadi agen perubahan yang dapat membawa Bali dan Indonesia ke tingkat kualitas yang lebih tinggi.

“Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas SMA Negeri di seluruh Indonesia melalui berbagai program peningkatan kualitas guru, kepala sekolah, dan murid,” ujar Elan yang juga menyebutkan bahwa SMAN 4 Denpasar, tempat acara peresmian beasiswa kemarin berlangsung, merupakan salah satu sekolah binaan SF dalam prorgam Sampoerna Foundation United Schools Program (SF USP).

Untuk menunjukkan dukungannya terhadap peningkatan kualias pendidikan Indonesia, di acara yang sama, Astro mendonasikan Rp 10 juta yang dapat digunakan untuk penyediaan alat musik sebagai fasilitas pendukung pendidikan SMAN 4 Denpasar. Sebelum kegiatan outbond games oleh 70 penerima beasiswa Astro Asih angkatan pertama bersama para pejabat Astro dan SF, Elan mengatakan menurut rencana, Astro dan SF akan memperluas jangkauan hingga dapat merengkuh seluruh sekolah yang ada di pulau Bali. (Persda Network/yon/h10)

Written by didit

19 November, 2007 pada 2:48 am

Ditulis dalam 2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: