It’s All About News

Jadwal Mudik Gratis Bareng Berubah

leave a comment »

* Bangka Mundur, Belitung Maju
* Dilaksanakan Selasa (9/10)

* Tetap Menggunakan TW 03

Laporan Wartawan Bangka Pos, M Ismunadi

JAKARTA — Kebahagian mudik gratis bareng yang terselenggara berkat adanya kapal bantuan dari Pemerintah Provinsi Babel dirasakan belum lengkap bila tidak dilakukan serempak. Karenanya, lewat rapat mendadak yang digelar Jumat (5/10) malam, mudik bareng gratis mengalami perubahan jadwal. Hal ini berlaku baik untuk acara mudik gratis pelajar, mahasiswa, dan masyarakat Bangka dan juga Belitung.

“Mudik bareng gratis akan dilaksanakan pada Selasa (9/10) pukul 09.00 WIB dari pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Rapat semalam, Jumat (5/10), yang diselenggarakan di Hotel Sheraton Media, Jakarta, juga memberikan nama pada kegiatan ini yaitu Mudik Gratis Bareng Serumpun Sebalai,” ungkap Ketua harian Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Bangka (ISBA) Jaya Affan Tasturi kepada Bangka Pos Group, Sabtu (6/10) pagi.

Sebelumnya, seperti dilansir harian ini, mudik gratis bareng yang menggunakan kapal bantuan dari Pemprov Babel, masing-masing direncanakan pada Senin (8/10) untuk pelajar, mahasiswa, dan masyarakat Bangka. Sementara untuk masyarakat Belitung dijadwalkan pada Rabu (10/10). Untuk kedua keberangkatan itu, ada dua nama kapal yang digunakan yaitu KM Wiwesa III dan TW 03.

“Dengan perubahan ini, kapal yang digunakan cuma satu yaitu TW 03,” ujarnya.

Affan menuturkan rapat dadakan yang akhirnya merubah jadwal mudik gratis bareng dihadiri perwakilan kapal feri Ro-Ro KM TW 03, perwakilan Ikatan Keluarga Masyarakat Belitung (IKMB), perwakilan ikatan keluarga masyarakat Bangka, sejumlah pengurus ISBA Jaya, dan dari pemprov Babel. Selain tentang waktu pelaksanaan, rapat mengeluarkan kuota jumlah penumpang untuk masing-masing. Jadwal perjalanan disusun mulai dari Pelabuhan Tanjung Priok hingga ke Belitung.

“Bangka mendapat jatah 350 orang, sedangkan sisanya Belitung. Tapi itu masih bisa lebih. Yang jelas diperkirakan Belitung kuotanya 500 orang, sedangkan Bangka 350 orang. Lamanya perjalanan kapal diperkirakan 20 jam dari Priok ke Pangkalbalam, lalu sekitar dua sampai tiga jam dari Bangka ke Belitung,” jelas Affan.

Mengenai jumlah penumpang dari Bangka, Affan mengaku hingga kemarin sudah cukup banyak yang mendaftarkan diri. Ia mengatakan karena tempat yang tersedia terbatas, maka pendaftaran pemudik akan ditutup pada Senin (8/10) pukul 08.00 WIB. “Untuk pendaftaran bisa segera menghubungi sekretariat ISBA Jaya, baik lewat email maupun telpon,” tegas Affan.

Sempat Kesal

Perubahan jadwal mudik gratis bareng sempat membuat kesal mahasiswa Belitung yang sudah membuat rencana dengan matang. Mereka sedikit khawatir kalau-kalau jadwal akan berubah lagi seperti yang terjadi sekarang ini.

“Tapi setelah saya yakinkan, mereka akhirnya mereda. Dan sampai sekarang, berdasarkan datang yang kita himpun, untuk Belitung ada sekitar 140 orang yang terdiri dari mahasiswa, pelajar, dan masyarakat umum yang akan ikut mudik gratis tahun ini,” ungkap Joni Irawan, ketua Asrama Toek Layang Mahasiswa Belitung, ketika dihubungi wartawan harian ini, Sabtu (6/10).

Disinggung mengenai kuota penumpang yang diperoleh Belitung, Joni mengaku kalau jumlah tersebut cukup banyak. Sementara itu, peserta mudik gratis yang baru terdata belum mencapai separuhnya. Kendati demikian, ia tidak mau berspekulasi tentang hal tersebut. Joni hanya berharap tidak akan ada lagi perubahan jadwal keberangkatan.

“Jatahnya memang cukup banyak yaitu 500 untuk Belitung dan sekarang baru sekitar 140 yang daftar, tapi nanti kita dak tahu kalau ada yang langsung ke Priok,” katanya seraya menambahkan kalau warga Belitung yang ingin ikut mudik bareng bisa menghubungi Asrama Toek Layang Mahasiswa Belitung atau dirinya.

Posko Pengaduan

Disamping menjadikan asrama sebagai tempat informasi dan pendaftara Mudik Gratis Bareng Serumpun Sebalai, ISBA Jaya juga membentuk Posko Pengaduan. Affan mengatakan posko dimaksudkan untuk menerima laporan para pemudik seputar permasalahan yang terjadi selama mudik gratis. Yang terpenting, ISBA ingin menjamin bahwa mudik bareng kali ini benar-benar gratis.

“Jangan sampai nanti ada oknum yang memanfaatkan untuk memperoleh keuntungan. Mudik bareng ini benar-benar gratis untuk pelajar, mahasiswa, dan masyarakat Babel,” tegas Affan.

Affan menambahkan, sehubungan dengan informasi adanya biaya makan dan asuransi, hal itu tergantung dari pemudik. Artinya, mereka bisa menolak dan tetap berangkat dengan TW 03.

Pernyataan yang sama dilontarkan Joni yang menyebutkan biaya makan dan asuransi hanya untuk menjamin kenyamanan pemudik saja. Bagi mereka yang ingin membayar biaya makan karena telah mempersiapkannya sendiri, maka hal itu sah-sah saja. Begitu pula dengan asuransi yang bertujuan melindungi keselamatan jiwa selama perjalanan.

“Dua hal itu adalah pilihan yang bisa diambil dan bisa juga ditolak,” pungkas Joni. (*)

Pusat Info Mudik Bersama ISBA 2007
* Asrama ISBA Jaya Jakarta
Jalan Agung Raya I No 36, Lenteng Agung
Jakarta Selatan Telp. (021) 7815346
email : isbajakarta@yahoo.com
Kontak Person
– Affan Tarturi / 085216105702
* Asrama Toek Layang Mahasiswa Belitung
Jalan Pesona Depok Blok AH 4, Depok, Jabar
Telp. (021) 7782739
Kontak Person
– Joni Irawan / 085216911625

Written by didit

6 Oktober, 2007 pada 2:02 am

Ditulis dalam 2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: