It’s All About News

Indonesia Terpilih Lagi Dalam Program DV

leave a comment »

* Visa Gratis Ke Amerika

Laporan Wartawan Bangka Pos, M Ismunadi

JAKARTA — Indonesia kembali terpilih sebagai salah satu negara yang memenuhi syarat untuk disertakan dalam program undian Diversity Visa (DV) tahun 2009. DV adalah program yang dilaksanakan Kedutaan Besar (Kedubes) AS dalam rangka memberikan visa imigran gratis. Sebelumnya, pada tahun 2007 Indonesia sempat menjadi negara peserta dan berhasil memberikan visa imigran kepada 245 WNI dari 30.000 orang yang mendaftar.

Dalam siaran pers yang diterima Persda, Kamis (4/10), Kedubes AS dengan gembira mengumumkan dimulainya program undian Diversity Visa (DV) tahun 2009. Pemenang program yang juga dikenal dengan nama ‘green card lottery’ ini dapat melamar untuk mendapatkan satu dari 50.000 visa imigran untuk tinggal dan bekerja di Amerika Serikat. Masa pendaftaran untuk undian DV ini adalah dari 3 Oktober sampai 2 Desember 2007. Pendaftaran pun tidak dipungut biaya apapun.

Dengan dimulainya program tersebut, Kedubes AS mendorong warga negara Indonesia yang tertarik untuk berimigrasi ke AS. Mereka cukup memenuhi persyaratan minimun untuk mengajukan lamaran dalam program DV.

Selain itu, pelamar undian DV 2009 harus mendaftar secara online di http://www.dvlottery.state.gov, dengan menyertakan pas foto digital bersama dengan form pendaftaran. Pendaftaran melalui kertas formulir biasa tidak berlaku lagi. Dan Perlu diperhatikan bahwa pelamar hanya dapat melakukan pendaftaran satu kali.

Para pelamar undian dan visa harus memenuhi persyaratan minimum pendidikan dan pengalaman kerja seperti yang diinstruksikan dalam panduan DV-2009. Para pelamar disarankan memasukkan lamaran elektronik mereka di awal periode registrasi untuk memastikan bahwa mereka terdaftar.

Lebih lanjut, pelamar harus mencermati bahwa alamat situs yang diberikan di atas merupakan satu-satunya alamat sah untuk mendaftar undian DV. Hal ini harus dilakukan dalam rangka mengantisipasi perusahaan atau situs yang mengaku dapat membantu mendapatkan DV.

Kemudian, para pemenang DV Lottery dipilih melalui pengundian secara acak menggunakan komputer. Visa tersedia hanya untuk mereka yang berasal dari negara-negara yang memenuhi ketentuan tingkat imigrasi ke Amerika Serikat yang rendah, berdasarkan aturan-aturan program ini. Para pemenang akan dikabari melalui surat antara Mei dan Juli 2008, yang berisi instruksi tentang langkah-langkah selanjutnya yang harus dilakukan. (*)

Iklan

Written by didit

4 Oktober, 2007 pada 2:10 am

Ditulis dalam 2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: