It’s All About News

Basket, Bukan Lagi Sekedar Kesehatan

leave a comment »

Laporan Wartawan Bangka Pos, M Ismunadi

PANGKALPINANG — Kejuaraan Basket Se-Bangka Belitung berjalan sukses dan telah memunculkan klub Setia Sungailiat serta BBC Pangkalpinang sebagai jawara putra-putri basket Babel. Di balik kesuksesan tersebut, basket menunjukkan perkembangan seiring dengan jalannya waktu. Cabang olahraga ini bukan lagi sekedar tentang kesehatan. Prestise (gengsi-red) dan upaya mendatangkan penghasilan menjadi tujuan lainnya.

Demikian catatan Ketua Panitia Pelaksana Kejuaraan Basket Se-Babel, Muhammad Wirtsa, yang diterima Bangka Pos Group, Rabu (3/10). Wirtsa mengatakan hadiah sebesar Rp 16 juta ternyata bukan target setiap tim yang berlaga. Dari 32 tim yang ikutserta kejuaraan ini, ada tim dimana mereka ingin memperjuangkan prestise klubnya.

“Sebuah fakta bila tim tersebut datang dari Toboali maka minimal mereka harus membawa 2 mobil demikian pula dari Jebus dan Muntok. Belum lagi ada klub yang mendatangkan pemainnya dari pemain Luar, pinjaman dari pemain liga KOBATAMA. Inilah olah raga, dahulu hanya untuk kesehatan, namun sekarang sudah dapat mendatangkan penghasilan dan pretise bagi seseorang maupun sebuah tim asalkan pola pembinaan terhadap olahraga di laksanakan dengan benar,” ungkap Wirtsa.

Dan olahraga ini pun, lanjutnya, sudah menjadi gaya hidup bagi masyarakat Babel. Seiring dengan kesadaran untuk hidup sehat jasmani dan rohani, olahraga menjadi sebuah kebutuhan, tanpa berolahraga seperti ada sesuatu yang kurang dan pada akhirnya menjadi gaya hidup sesorang.

Wirtsa menuturkan kejuaraan Basket Se-Babel diadakan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI dan HUT Timah. Waktu persiapan yang relatif singkat, tidak lebih dari dua minggu, ternyata dapat dimaksimalkan oleh seluruh jajaran kepanitiaan. Kejuaraan ini berhasil digelar di lapangan basket Yuneldo Jaya Jalan Airitam, Pangkalpinang.

“Kerjasama apik anak-anak BBBC (Bukit Baru Basket Club), Perbasi Kota Pangkalpinang, PT Timah, dan Bangka Pos Group telah membawa kejuaraan ini menjadi kejuaraan basket tersukses di Babel,” ujarnya.

Ditambahkan Wirtsa, rekor penonton yang mencapai 3000-an lebih orang adalah sebuah bukti kesuksesan acara ini. Belum lagi jumlah peserta yang melebihi dari peserta dalam kejuaraan yang pernah diselenggarakan sebelumnya. Produktivitas goal (shoot on the basket), yang mencapai 1000 bola atau sekitar 3000-an lebih poin dari 39 pertandingan, menjadi bukti lain dari kesuksean tersebut.

“Terimakasih Bangka Pos karena dari sisi pemberitaan, hampir setiap hari selama kejuaraan Basket berlangsung selalu diberitakan pada halaman super football, halaman yg cukup memiliki nilai jual,” kata Wirtsa seraya menambahkan bahwa kesuksesan kejuaraan juga diakui Ketua Perbasi saat menutup kejuaraan Basket Se-Babel.

Dengan demikian, Wirtsa berharap perusahaan-perusahaan lain bisa melakukan hal yang sama seperti PT Timah yang pertama kalinya mensponsori kegiatan basket. Harapannya tidak lain adalah untuk memajukan cabang olahraga ini di Babel. Sebab, dari beberapa catatan yang ada, gambaran di atas menunjukkan kalau bola basket mampu menarik perhatian beberapa komponen masyarakat.

“Sebuah ketertarikan dari Bung Agus Ismunarno Pimpinan Redaksi Bangka Pos sehingga merasa perlu membuat sebuah tulisan dengan judul Bola Basket di harian Bangka Pos hari minggu tanggal 30 September 2007,” tandasnya. (h10/din)

Written by didit

3 Oktober, 2007 pada 2:19 am

Ditulis dalam 2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: