It’s All About News

Mudik Lebaran Mahasiswa, Belitung Suka Cita

leave a comment »

* Bangka Menunggu

Laporan Wartawan Bangka Pos, M Ismunadi

JAKARTA — Kesiapan KM Tunas Wisesa III, sebagai angkutan mudik lebaran, disambut suka cita mahasiswa Belitung yang tengah melanjutkan studi di pulau Jawa. Apalagi mereka tidak harus membayar tiket kapal seperti biasanya. Para mahasiswa cukup membayar uang makan dan asuransi sebelum menjadi penumpang KM Tunas Wisesa.

Meski demikian, dari ratusan mahasiswa yang ada, sedikitnya baru 43 mahasiswa yang mendaftarkan diri untuk menjadi penumpang KM Tunas Wisesa III. Ketua Asrama Ikatan Keluarga Pelajar Belitung (IKPB), Joni Irawan, mengatakan hal itu disebabkan terlambatnya kepastian tentang KM Tunas Wisesa sebagai pengganti KRI Teluk Kambani.

“Sebagian teman-teman ada yang sudah beli tiket KM Lawit untuk tanggal 2 besok. Jadi kemungkinan, kalau untuk khusus mahasiswa, jumlah penumpangnya tidak akan begitu banyak. Karena sudah banyak yang berangkat tanggal 2 besok,” ungkap Joni saat dihubungi Bangka Pos Group, Senin (1/10).

Joni mengaku kepastian adanya KM Wisesa III baru diperolehnya dua hari yang lalu. Berdasarkan keterangan yang diterima dari Ikatan Keluarga Masyarakat Belitung (IKMB), KM Wisesa dikhususkan untuk mengangkut mahasiswa Belitung yang hendak mudik lebaran. Kapal ini mampu mengangkut penumpang maksimal 400 orang.

“Memang tidak menutup kemungkinan penumpang umum bisa ikut kapal itu. Tapi kemarin dari kabar yang diterima, katanya kapal itu khusus untuk mengangkut mahasiswa,” ujarnya.

Disamping KM Wisesa, yang adalah kapal jenis fery Ro-Ro, angkutan mudik menuju Belitung bertambah dengan adanya pesawat Hercules milik TNI-AU. Pesawat itu akan menerbangkan pemudik pada hari yang sama dengan keberangkatan KM Wisesa, dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Kabar kesiapan pesawat Hercules TNI-AU juga didengar kalangan mahasiswa Belitung. Sayangnya, harga tiket meleset jauh dari perkiraan. Joni mengatakan satu penumpang Hercules harus mengeluarkan uang tiket sebesar Rp 400.000.

“Melihat harganya yang begitu, kita mungkin akan lebih memilih kapal ro-ro daripada Hercules,” kata mahasiswa Universitas Nasional Jakarta semester 3 tersebut.

Sebelumnya, ketika berbincang-bincang dengan wartawan harian ini pada Rabu (26/9) lalu, Joni memperkirakan pesawat Hercules akan diserbu para mahasiswa bila tiketnya bisa lebih murah dari tahun lalu. Di tahun 2006, tiket pesawat Hercules diketahui sebesar Rp 300.000 per penumpang. Pesawat ini dijadikan alternatif mudik setelah adanya kabar bahwa KRI Teluk Kambani tidak bisa mengangkut pemudik tahun ini karena harus masuk dok.

Masih Menunggu

Terpisah, Ketua Harian Ikatan Mahasiswa Bangka (ISBA) Jaya Jakarta Affan Tasturi mengatakan rencana mudik bareng ISBA Jaya masih harus menunggu jawaban Gubernur Babel Eko Maulana Ali yang katanya akan mengupayakan kapal bantuan.

Menurut Affan, pada acara buka puasa bersama di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Sabtu (29/9) lalu, Gubernur mengaku akan mengupayakan kapal bantuan untuk mudik lebaran mahasiswa Bangka. Rencananya sebuah kapal feri Ro-Ro akan berangkat dari pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, pada Senin (8/10) mendatang.

“Tapi itu masih rencana. Sampai sekarang, kita belum mendapat kepastian dari Pak Gubernur,” ungkap Affan saat dihubungi Bangka Pos Group, Senin (1/10).

Affan menambahkan mudik bareng direncanakan bakal diikuti cabang- cabang ISBA yang ada di pulau Jawa. Melalui koordinasi dengan ISBA lainnya, Affan menyebutkan mudik bareng akan dilakukan ISBA Yogyakarta pada Senin (8/10). “Mereka bakal naik kapal apa, saya kurang tahu. Sementara, dari ISBA lainnya belum ada kabar,” imbuhnya. (*)

Iklan

Written by didit

1 Oktober, 2007 pada 2:26 am

Ditulis dalam 2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: