It’s All About News

Jelang Lebaran, 25 Pelabuhan Diawasi Secara Ketat

leave a comment »

* Penumpang Laut Melonjak Lima Persen

Laporan Wartawan Bangka Pos, M Ismunadi

JAKARTA — Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Laut (Hubla) mengawasi secara ketat 25 dari 52 pelabuhan yang ada di Indonesia. Tempat-tempat tersebut diperkirakan bakal mengalami lonjakan penumpang terbesar dalam Mudik Lebaran 2007. Guna mengantisipasi arus mudik, Ditjen Hubla mengerahkan 528 unit kapal dengan kemampuan angkut sebanyak 3.284.507 orang.

“Jumlah penumpang melalui laut tahun 2007 diperkirakan mengalami kenaikan sebesar 5 persen dari realisasi penumpang angkutan lebaran tahun 2006 yang berjumlah 509.509 orang. Dengan prediksi tersebut, jumlah penumpang untuk tahun 2007 diperkirakan sebesar 534.985 orang,” ungkap Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal dalam acara Apel Siaga Kesiapan Angkutan Laut Lebaran 2007/1428 H di lapangan Terminal Penumpang Nusantara II Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (29/9).

Jusman menambahkan dengan melihat kapasitas daya angkut yang melebihi prediksi jumlah penumpang untuk lebaran 2007, maka armada kapal laut dinyatakan siap menghadapi lonjakan penumpang. Meski demikian, dia mengharapkan seluruh pihak terkait agar berkoordinasi guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Koordinasi harus dilakukan khususnya di 25 pelabuhan yang diperkirakan bakal mengalami lonjakan penumpang.

“Di 25 pelabuhan dari 52 pelabuhan yang ada, diharapkan pihak-pihak terkait mampu bekerjasama untuk menghadapi arus mudik lebaran. Salah satunya dengan cara menginformasikan secara baik jadwal keberangkatan kapal dari pelabuhan masing-masing. Hal itu untuk menghindari adanya bentrokan sehingga seluruh armada kapal yang ada dapat dimanfaatkan secara maksimal,” ujar Jusman dengan didampingi Direktur Perhubungan Laut Harijogi usai menjadi pemimpin upacara dalam Apel Siaga Kesiapan Angkutan Laut Lebaran.

Disamping itu, Jusman menyebutkan kesiapan menghadapi lonjakan penumpang juga dipastikan dengan adanya kapal cadangan. Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) dikatakannya siap membantu Ditjen Hubla dalam menyiagakan kapal guna mengangkut penumpang mudik lebaran.

Pernyataan tersebut dibenarkan Kepala Staf Kolinlamil Laksamana Pertama IGN Dadik S yang turut hadir dalam Apel Kesiapan. Kepada Persda, Dadik mengaku sejumlah KRI disiapkan untuk menghadapi lonjakan penumpang mudik lebaran.

“Kita ada KRI Teluk Manado, Teluk Hasim, kita siap. Tapi itu semua kan tergantung dari pemintaan Departemen Perhubungan Laut,” tegas Dadik di ruang VIP terminal penumpang Nusantara II, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (29/9).

Posko Pusat Angkutan Lebaran

Sebelum acara Apel Siaga, Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal dinobatkan menjadi pimpinan tertinggi Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP). Penobatan ditandai dengan pembaretan oleh Direktur KPLP Capt. Djoni A Algamar.

Selanjutnya, Jusman meresmikan Posko Pusat Angkutan Lebaran Ditjen Hubla yang akan memantau penyelenggaraan angkutan laut lebaran 2007m terhitung sejak H-15 hingga H+15. Posko Pusat ini didukung dengan peningkatan jaringan komunikasi (communication networking) antara Posko Pusat Angkutan Lebaran dan Kantor Adpel/Kakanpel serta instansi terkait dan Stasiun Radio Pantai (SROP).

Dalam sambutannya, Jusman menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh istri anggota Posko Angkutan Lebaran yang harus merelakan waktunya memberikan pelayanan kepada para pemudik. Sesuai instruksi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Jusman berharap seluruh anggota Posko dapat memberikan pelayanan terbaik kepada pemudik yang secara keseluruhan diperkirakan meningkat hingga 6,8 persen dibandingkan tahun lalu.

“Dengan pelayanan yang baik, kita berharap mudik tahun ini bisa lebih baik dari sebelumnya. Pelayanan itu hendaknya diberikan dengan ikhlas dan para anggota Posko jangan bersikap sombong,” kata Jusman yang juga mengatakan jumlah penumpang di angkutan udara mengalami peningkatan sebesar 15 persen dan pengguna kereta api sebanyak 5 persen.

Tidak lupa, Jusman menghimbau agar seluruh pengguna jasa transportasi laut agar mendukung terwujudnya angkutan laut lebaran yang selamat, aman, tertib, dan lancar. Untuk itu pemudik diharapkan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh petugas dan mematuhi aturan keselamatan sesuai dengan operasionalisasi konsep road map to zero accident.

“Kita juga sudah memastikan seluruh angkutan laut untuk laik berlayar dalam mudik lebaran. Seluruh alat keselamatan kapal telah diperiksa sehingga seluruh kapal yang ada siap untuk mengangkut penumpang untuk mudik,” tegasnya. (*)

Daftar Pelabuhan yang diperkirakan akan mengalami lonjakan penumpang :
1. Belawan, Medan
2. Dumai, Riau
3. Batam, Kepulauan Riau
4. Sei Kolak Kijang, Kepulauan Riau
5. Belinyu, Bangka Belitung
6. Tanjung Priok, Jakarta
7. Tanjung Emas, Semarang
8. Tanjung Perak, Surabaya
9. Pontianak, Kalimantan Barat
10. Kumai, Kalimantan Tengah
11. Sampit, Kalimantan Tengah
12. Banjarmasin, Kalimantan Selatan
13. Balikpapan, Kalimantan Timur
14. Nunukan, Kalimantan Timur
15. Kupang, Nusa Tenggara Timur
16. Makassar, Sulawesi Selatan
17. Pare-pare, Sulawesi Selatan
18. Pantoloan, Sulawesi Tengah
19. Bau-bau, Sulawesi Tenggara
20. Bitung, Sulawesi Utara
21. Ternate, Maluku Utara
22. Sorong, Papua
23. Manokwari, Papua
24. Biak, Papua
25. Jayapura, Papua

Sumber : Direktorat Perhubungan Laut

Written by didit

29 September, 2007 pada 3:07 am

Ditulis dalam 2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: