It’s All About News

leave a comment »

Batavia Jamin Keselamatan Penumpang

Laporan Wartawan Bangka Pos, M Ismunadi

HUMAS Batavia Air Anton Situmeang membenarkan adanya keterlambatan pesawat Batavia Air dengan rute Jakarta-Pangkalpinang kemarin sore. Pesawat yang seharusnya diberangkatkan pada pukul 16.00 WIB tertunda hingga pukul 19.30 WIB.

Meski tidak mengetahui secara detail penyebab keterlambatan, Anton menjamin bahwa pihaknya tidak akan mempertaruhkan keselamatan penumpang. Sehubungan insiden keterlambatan kemarin, Ia menduga pesawat tersebut tidak lolos di tahap pengecekan yang ketiga. Karenanya, penumpang terpaksa diminta turun dari pesawat demi keselamatannya.

“Saya berani jamin, kita tidak mempertaruhkan keselamatan penumpang. Mungkin setelah kerusakan ditangani, lalu lolos check list (pemeriksaan-red) pertama dan kedua, mungkin di saat ketiga pas sudah mau berangkat ada gangguan,” kata Anton saat dihubungi Bangka Pos Group, Rabu (12/9) malam.

Anton menjelaskan dalam setiap penerbangan maskapai Batavia Air, setidaknya ada tiga kali check list yang dilakukan pilot, cabin crew (pramugari atau pramugara), dan para teknisi. Check list pertama dilakukan ketika penumpang belum naik ke atas pesawat. Kedua, setelah penumpang naik di pesawat. Dan terakhir sebelum pesawat diberangkatkan.

“Prosedur keselamatan yang berlapis itulah yang menjadi alasan pesawat dikatakan sebagai alat transportasi paling aman,” tegasnya yang lalu menambahkan check list dilakukan semua pihak yang terkait dalam penerbangan tersebut.

Disamping itu, lanjut Anton, penumpang juga berperan dalam menjaga keselamatan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara mematuhi seluruh peraturan yang ada. Terkait hal itu, Ia menyayangkan masih adanya penumpang yang menggunakan handphone atau telepon genggam ketika pesawat sudah boarding.

“Sampai sekarang hal semacam itu masih terjadi. Padahal tindakan seperti itu cukup berbahaya untuk keselamatan penumpang dalam penerbangan,” kata Anton yang mengaku akan melakukan crosscheck dengan petugas di lapangan sehubungan penyebab keterlambatan pesawat Batavia Air kemarin. (*)

Written by didit

12 September, 2007 pada 12:46 pm

Ditulis dalam 2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: