It’s All About News

Keluarga Pramugari Gugat Adam Air

leave a comment »

* Korban Hilang Pesawat di Majene
* Dinilai Tidak Bertanggung Jawab

Laporan Wartawan Bangka Pos, M Ismunadi

JAKARTA — Pasca penemuan black box pesawat Adam Air KI 574, PT Adam Air Sky Connection menghadapi masalah baru. Perusahaan tersebut digugat ahli waris salah seorang crew kabin yang menjadi korban dalam insiden hilangnya pesawat Adam Air di perairan Majene, Sulawesi Barat, pada 1 Januari lalu. Gugatan perdata didaftarkan orang tua Ratih Sekar Sari, yang tercatat sebagai pramugari, di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Barat, Selasa (4/9).

Dalam gugatan tersebut, Karyono Hadi Ismanto dan Sumini, orang tua Ratih, menuntut ganti rugi immateril sebesar Rp 1,5 miliar. Disamping itu secara materil mereka menginginkan ganti rugi sebanyak Rp 500 juta, yang merupakan uang asuransi, serta penggantian biaya acara tahlilan yang telah dilakukan.

“Pada pokoknya, lewat gugatan itu kita menuntut hak-hak Ratih yang bekerja di sana (PT Adam Air Sky Connection-red) sebagai kabin crew, termasuk didalamnya hak dia berupa asuransi jiwa dan asuransi tenaga kerja. Termasuk juga hak kehilangan seorang anak yang termasuk dalam immaterilnya,” ungkap Fredy K Simangkulangit, kuasa hukum orang tua Ratih, kepada Persda, Selasa (4/9).

Fredy menjelaskan sebelum mengajukan permohonan gugatan perdata, pihaknya telah melayangkan somasi sebanyak tiga kali yang dimulai sejak 27 April 2007. Meski mendapat jawaban dari somasi pertama, Fredy mengaku Adam Air tidak memberikan jawaban yang memuaskan. Memang disebutkan kalau keluarga mendapat santunan sebesar Rp 500 juta, namun permintaan rincian bantuan tersebut tidak pernah diberikan Adam Air.

“Karena itu kita mengajukan gugatan tersebut. Apapun belum diterima keluarga Ratih dari pihak keluarga. Alasan kedua bahwa Adam Air telah sangat kecil menilai seorang pramugari, tepatnya pertanggungjawaban hukum seorang Ratih sebagai pramugari,” ujarnya yang menyebutkan Ratih dinilai jauh lebih kecil daripada penumpang.

Ditambahkan Fredy, keputusan mengajukan gugatan semakin kuat dengan melihat sikap Adam Air yang tidak hanya kurang transparan soal pembayaran asuransi. Ratih memang tercatat sebagai karyawan kontrak, namun saat keluarga menanyakan perihal kontrak kerjanya, mereka harus menunggu berbulan-bulan. Bahkan nama Ratih tidak terdaftar pada Jamsostek.

“Setelah mendaftarkan gugatan, kita tinggal menunggu waktu persidangan. Katanya sih sekitar tiga minggu lagi,” pungkas Fredy.

Terpisah, Panitera Muda Perdata PN Jakbar Denry Purnama membenarkan adanya pendaftaran gugatan perdata yang diajukan keluarga Ratih Sekar Sari melalui kuasa hukumnya terhadap PT Adam Air Sky Connection. Berkas pemohonan diterima kemarin kemarin dan diberi nomor 338/PDT.G/2007/PN Jakbar. Terkait isi gugatan, Denry mengatakan hal tersebut akan diungkapkan dalam sidang perdana.

“Untuk sekarang, setelah permohonan gugatan kita terima, maka akan ditentukan majelis hakim yang akan menyidangkannya setelah itu baru akan digelar sidang pertama. Waktu sidangnya nanti ditentukan majelis hakim yang menangangi. Yah mungkin sekitar dua minggu lagi mas,” kata Denry saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (4/9). (*)

Iklan

Written by didit

4 September, 2007 pada 7:35 pm

Ditulis dalam 2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: