It’s All About News

Flu Burung Menular Antar Manusia

leave a comment »

* Perlu Dipastikan Lewat Test Biologi

Laporan Wartawan Bangka Pos, M Ismunadi

JAKARTA — Ahli Hemonologi Institut Pertanian Bogor (IPB) I Wayan T Wibawan mengakui adanya kemungkinan terjadi penularan virus Avian Influenza (AI) atau virus flu burung antarmanusia. Pasalnya, berdasarkan penelitian yang dilakukan sekitar lima bulan yang lalu, struktur asam amino virus AI mengalami perubahan mendekati virus manusia. Meski demikian harus dilakukan tes biologi untuk memastikan virus AI mampu menular antarmanusia.

“Pada awalnya struktur asam amino penyusun virus AI adalah R-E-R. Kemudian dia (virus AI-red) berubah menjadi R-E-S yang terdapat pada manusia. Dari tujuh sampel yang ada, hanya satu sampel yang memiliki struktur asam amino R-E-R. Tapi apakah artinya virus AI mampu menular antarmanusia, harus dilakukan tes biologi terlebih dahulu,” ungkap Wayan saat dihubungi Persda, Sabtu (1/9).

Tes biologi yang dimaksud Wayan adalah dengan menggunakan hewan percobaan. Virus AI yang diduga mampu menular antarmanusia diujicobakan pada hewan seperti marmut atau musang. Baru kemudian diketahui apakah benar virus tersebut mampu menular antarmanusia.

“Virus AI itu terdiri dari berbagai macam. Jadi perlu diketahui terlebih dahulu virus AI jenis apa yang mampu menular antarmanusia,” ujarnya.

Wayan mengatakan sejauh ini, Indonesia masih pada tahap berteori. Ia sendiri mengaku untuk melakukan tes biologi diperlukan dana yang cukup besar. Tidak hanya itu, sarana untuk melakukan tes tersebut juga menjadi salah satu kendala.

Tes biologi terhadap virus AI bisa dilakukan dengan sarana BSL3. Dikatakan Wayan, dalam waktu satu minggu, penggunaan sarana itu menghabiskan biaya sekitar Rp 30 juta. Wayan sendiri mengaku sedang berusaha mencari dana guna melakukan tes biologi terhadap hasil serangkaian penelitian yang dilakukannya. Termasuk didalamnya temuan mutasi struktur asam amino virus AI yang disebutnya mendekati virus manusia.

“Saya baru bisa melakukan itu mungkin tahun depan, sekitar awal 2008 nanti,” harap Wayan.

Dengan penjelasan yang diberikannya, Wayan menyangsikan hasil penelitian yang dilakukan peneliti asal Universitas Washinton, Amerika Serikat, Ira Longini. Sebelumnya Ira melakukan studi kasus flu burung di Desa Kubu Simbelang, Kecamatan Tiga Panah, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, pada tahun 2006 lalu. Dan hasilnya, Ira menyatakan virus AI mampu menular antarmanusia.

“Perlu diketahui virus AI macam apa yang bisa menular antarmanusia itu. Manusia macam apa yang tertular juga perlu diketahui dari unsur genetiknya. Karena seperti saya katakan virus AI itu banyak jenisnya. Dan untuk membuktikannya diperlukan tes biologis dengan menggunakan hewan percobaan,” tandasnya. (*)

Iklan

Written by didit

1 September, 2007 pada 7:54 pm

Ditulis dalam 2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: