It’s All About News

Halal Bihalal Masyarakat Belitung 2007

leave a comment »

* Pertemuan Fisik Itu Penting

Laporan Wartawan Bangka Pos, M Ismunadi

JAKARTA — Ratusan warga Belitung memadati ruang serba guna Departemen Hukum dan HAM di Jalan HR Rasuna Said, Jakarta, Sabtu (10/11). Mereka menghadiri acara Halal Bihalal Masyarakat Belitung 2007 yang diselenggarakan Ikatan Keluarga Masyarakat Belitung (IKMB).
Hadir dalam acara tersebut Wakil Gubernur Babel H Syamsudin Basari beserta sejumlah unsur muspida Belitung. Tampak pula datang mantan Mensesneg Yusril Ihza Mahendra, ketua DPRD Babel Munir Saleh, dan artis Sandy Harun yang tiba bersama pengacara asal Babel Secarpiandy.

Mantan Mensesneg Yusril Ihza Mahendra mengatakan acara halal bihalal seperti kemarin merupakan salah satu acara penting untuk meningkatkan kekerabatan, khususnya di kalangan masyarakat Belitung. Katanya pertemuan dapat menjadi ajang untuk mengetahui keadaan masing-masing.

“Walau pun komunikasi sudah baik, pertemuan fisik seperti ini merupakan suatu hal yang penting. Sebab kita langsung melihat dan mengetahui kondisi masing-masing,” ungkap Yusril, yang menjabat sebagai anggota dewan pembina IKMB, di ruang serba guna Depkum HAM, Sabtu (10/11).

Acara halal bihalal diisi dengan serangkaian kegiatan selain sambutan dari pejabat teras Babel yang hadir. Pentas seni berupa penampilan tari selayang pandang dan aksi teater dari kalangan mahasiswa menjadi pengisi acara lainnya.

Disamping itu, sejumlah bantuan diberikan kepada pengurus IKMB yang diterima ketua IKMB Abdul Fatah. Diantaranya bantuan diberikan Wakil Gubernur Babel H Syamsudin Basari, Sekda Belitung Timur Syahrudin, Bupati Belitung Darmansyah Husein, dan beberapa pihak lainnya. Sebagai balasan pengurus IKMB memberikan cinderamata termasuk kepada para sponsor yang telah bekerjsama demi terselenggaranya acara halal bihalal.

Wakil Gubernur Babel H Syamsudin Basari, yang mewakili Gubernur Eko Maulana Ali karena berhalangan hadir, mengatakan Pemprov Babel mendukung diselenggarakannya acara halal bihalal Belitung. Menurutnya, acara tersebut bisa dijadikan tonggak untuk menyatukan persepsi demi mensejahterakan masyarakat Belitung dan juga Bangka.

“Dan menyongsong tanggal 21 November mendatang, dimana sebagai hari jadi Babel yang ke-7, saya menghimbau agar menjauhkan diri dari sifat euforia yang berlebih. Perjuangan kita masih panjang untuk mensejahterakan masyarakat Babel,” kata Syamsudin saat memberikan sambutan.

Sementara itu, Bupati Belitung Darmansyah Husein, yang hadir didampingi Wakilnya Andi Syafarudin Lana, meminta agar tidak ada lagi muncul perbedaan di dalam IKMB. Ia berharap di masa yang akan datang hanya ada satu IKMB, yaitu IKMB Belitung yang juga mencakup Belitung Timur.

“Jadi tidak ada IKMB Belitung dan IKMB Belitung Timur. Kita ini sama, cukup satu saja IKMB,” ujar Darmansyah di tempat yang sama.

Jadi Idola

Di sela-sela acara halal bihalal, riuh tepuk tangan para hadiri semakin menambah hangatnya suasana. Keadaanya itu muncul tepatnya ketika cuplikan film Laksamana Cheng Ho, yang dibintangi Yusril, ditayangkan melalui dua layar proyektor. Masyarakat Belitung menepukkan tangannya saat dilayar tampak sosok Yusril, selaku Laksamana Cheng Ho.

“Mungkin banyak yang bertanya apa saja kegiatan saya setelah tidak jadi menteri. Selain terus menulis yaitu di internet, saya juga membina law firm, dan seperti sudah diketahui, main film,” ujar Yusril sembari tersenyum.

Sebelum berakhir, acara halal bihalal dimanfaatkan untuk saling memaafkan. Seluruh hadirin saling bersalaman dengan para pejabat dan undangan yang hadir. Begitu pula sesepuh masyarakat Belitung yang turut hadir walau diantaranya harus berjalan dengan dibantu tongkat. Setelah itu, seluruh masyarakat yang hadir dan juga undangan beramah tamah sembari menikmati hidangan yang telah tersedia. (*)

About these ads

Written by didit

10 November, 2007 at 4:25 pm

Ditulis dalam 2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: